Mendiang Ray Charles Raih 8 “Grammy”


MENDIANG Ray Charles, salah seorang penyanyi kulit hitam terkemuka, memperoleh delapan penghargaan Grammy, yang diraihnya secara “anumerta”.

Penyanyi legendaris Soul yang wafat tahun lalu itu memperoleh penghargaan album pop terbaik dalam acara Anugerah Grammy ke-47, Minggu (13/2) malam waktu setempat, untuk karyanya Genius Loves Company, selain untuk karya bersama terbaik dalam Here We Go Again bersama Norah Jones.

Genius Loves Company, album studio terakhir Charles memang telah masuk 10 Nominasi Grammy, termasuk tujuh nominasi untuk sang artis besar tersebut.

Grammy tahun ini memang sejak sebelumnya diprediksi akan menghidupkan nuansa Ray, menyusul sukses film mengenai dirinya Ray.

Ray wafat pada 10 Juni 2004 dalam usia 73 tahun akibat penyakit lever akut, dan album Genius dirilis dua bulan setelah kematiannya. Album rekaman terbaik dan best pop vocal merupakan dua kategori yang diberikan untuknya.

Tidak mengherankan jika sejumlah lagu dalam album tersebut, menjadi lagu penuh kenangan bagi penyanyi yang mendapat kesempatan duet dengannya, termasuk Elton John. Ia sempat berduet dengan Charles untuk lagu Sorry Seems to be The Hardest Word.

Kemenangan Grammy itu bukan satu-satunya kemenangan selama 60 tahun karier Charles. Ia sudah memenangkan 12 Grammy, termasuk kategori utama best vocal performance untuk lagu Georgia on My Mind (1960).

Penghargaan bagi West

Rapper Kanye West yang selamat dari kecelakaan mobil yang sangat mengerikan pada tahun 2001, meraih tiga penghargaan dari 10 penghargaan yang dinominasikan untuknya, termasuk album rap terbaik dengan debut double platinum, The College Dropout dan lagu terbaik rap Jesus Walks.

“Ketika saya mengalami kecelakaan, sempat beberapa saat berputus asa dan siap menanti kematian,” kata West.

Pada malam yang penuh kejutan itu, West juga menyabet penghargaan lain untuk kategori pop rocker terbaik pada tahun 2004 dengan albumnya Songs About Jane.

Di tengah gemerlapnya pesta penyerahan penghargaan bergengsi di bidang pentas musik, digelar acara penggalangan dana untuk para korban tsunami di Asia.

Para bintang seperti Bono dari grup U2, Stevie Wonder, Alicia Keys, dan Steven Tyler dari Aerosmith tampil bersama membawakan lagu Across the Universe versi The Beatles — yang akan dirilis dengan cara download di internet yang semua dananya dikumpulkan untuk korban bencana alam tsunami.

 

Rock

Sementara U2 meraih tiga penghargaan, yakni penyanyi rock terbaik dalam kategori penampilan terbaik duo atau kelompok. Untuk kategori album rock terbaik diraih oleh Green Day lewat American Idiot.

Menurut Sutradara film Quentin Tarantino disebutkkan bahwa American Idiot dalam sebuah konsep album dengan konsep novel. Semua lagunya sangat baik.

Sedangkan Diva Alicia Key, yang berambisi untuk meraih delapan penghargaan Grammy hanya mendapat empat penghargaan, termasuk untuk katagori album R & B terbaik dengan The Diary of Alicia Keys.

Wanita peraih penghargaan Grammy terbanyak pada malam itu dengan lima penghargaan adalah Lauren Hill dan Norah Jones disusul kemudian oleh Keys.

Sementara penyanyi R and B, Usher yang dinominasikan akan mendapat delapan penghargaan, hanya meraih tiga, itu pun harus berbagi dengan Keys untuk kategori berpenampilan terbaik R and B dua atau kelompok.

Penghargaan untuk kategori penulis lagu terbaik versi Grammy adalah John Mayer lewat Daughter. Ia juga meraih penghargaan sebagai penyanyi pop pria terbaik yang tampil lewat lagu yang sama.

Brian Wilson, personel kelompok The Beach Boys, meraih penghargaan untuk kategori instrumen rock terbaik lewat Mrs. O’Leary’s Cow. Untuk pertama kalinya, ratu pop Britney Spears, meraih penghargaan untuk kategori best dance recording lewat Toxic.

Pada malam anugerah penghargaan Grammy juga tampil Jennifer Lopez bersama suaminya, Marc Anthony. Ia sebelumnya meraih penghargaan Grammy untuk kategori album Latin terbaik.

Mantan Presiden AS Bill Clinton juga pernah meraih penghargaan Grammy saat mendapat penghargaan best spoken world album untuk autobiografinya My Life.

Ajang anugerah penghargaan bergengsi di bidang musik ini digelar di Gedung The Staples Center Los Angeles yang dipandu oleh penyanyi sekaligus bintang film, Queen Latifah. (Rully Sumantri/”PR”/AFP)***Selasa, 15 Februari 2005

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: