Peterpan, Grup Musik Terbaik AMI Award


LEWAT lagunya “Ada Apa Denganmu”, grup musik terkenal asal Kota Bandung, Peterpan akhirnya terpilih sebagai Grup Musik Terbaik Anugerah Musik Indonesia (AMI) Award 2005 kategori Duo/Kolaborasi/Group Bidang Pop. Tak hanya itu, lagu ciptaan Ariel dalam album “Bintang di Surga” ini juga ditetapkan sebagai lagu terbaik.

Album “Bintang di Surga” juga akhirnya terpilih sebagai Album Terbaik Bidang Pop Alternatif. Dari album yang sama Peterpan juga menangguk kemenangan yang lain, yaitu Duo/Kolaborasi/Group Terbaik Bidang Pop Alternatif lewat tembang mereka “Kukatakan Dengan Indah”.

Sementara itu, dalam pengumuman pemenang AMI Award 2005 yang berlangsung di Plenary Hall, Jakarta Convention Centre, Jumat (18/11) malam, terpilih penyanyi cantik bersuara lembut asal Sumedang, Rossa sebagai Artis Solo Wanita Terbaik lewat lagunya “Aku Bukan Untukmu” yang terdapat dalam album “Kembali”.

Dalam pengumuman yang cukup semarak itu, selain menampilkan para pemenang yang memang telah dikenal publik seperti Shanty yang tampil sebagai Artis Wanita Solo Terbaik Bidang Pop Alternatif lewat “Mencari Cinta Sejati”, juga terpilih wajah-wajah lama seperti Elvi Sukaesih yang masih menunjukkan kemampuannya untuk terpilih sebagai Artis Solo Wanita Terbaik Bidang Dangdut lewat lagunya “Lonceng Tengah Malam”.

Demikian juga penyanyi langganan festival tahun 1980-an Hetty Koes Endang yang tampil sebagai Wanita Solo Terbaik Bidang Keroncong lewat lagu “Kisah Kasih di Sekolah”. Sementara penyanyi Chrisye terpilih untuk mendapatkan anugerah Lifetime Achievement. Lantas grup legendaris Koes Plus mendapatkan Legend Award.

Dalam Bidang Rock, album Seurieus “Rocker Juga Manusia” terpilih sebagai album terbaik. Sedangkan Erwin Gutawa/Andy /rif terpilih sebagai Artis Solo/Kolabarasi/Grup Terbaik lewat tembang “Manis dan Sayang”.

Berikut para pemenang AMI Award 2005:

Bidang Pop: Artis Solo Wanita Terbaik, Rosa (“Aku Bukan Untukmu” album “Kembali”). Artis Solo Pria, Glen Fredly (“Sedih tak berujung” album “Selamat Pagi Dunia”). Duo/kaloborasi/Grup Terbaik: Peterpan (“Ada Apa Denganmu” album “Bintang di Surga”). Lagu terbaik, “Ada Apa Denganmu” (Ariel/Peterpan). Penata Musik Terbaik: Erwin Gutawa (“Andaikan Kau Datang”, penyanyi Ruth Sahanaya). Album Terbaik: “Elo” (Elo).

Bidang Pop Alternatif: Artis Solo Wanita terbaik, Shanty (“Mencari Cinta Sejati”). Artis Solo Pria, Ari Lasso (“Mengejar Matahari”). Duo/kalaborasi/Grup: Peterpan (“Kukatakan Dengan Indah” album “Bintang di Surga”). Lagu Terbaik, “Menanti sebuah Jawaban” (Pencipta Piyu Padi). Album Terbaik “Bintang di Surga” (Peterpan).

Bidang Rock: Artis Solo/Kolabo-rasi/Group, Erwin Gutawa-Andy /rif (“Manis dan Sayang” album “Erwin Gutawa Salute to Koes Plus”). Album Terbaik, Seurieus “Rocker Juga Manusia” (Seurieus).

Bidang Dangdut: Solo Wanita Terbaik, Elvi Sukaesih (“Lonceng Tengah Malam”). Solo Pria Terbaik, Meggy Z (“Sri Kapan Kau Kembali”). Duo/Grup Terbaik, “Hujan di Malam Minggu” (Bintang-bintang KDI). Lagu Terbaik, “Lonceng Tengah” (Pencipta Muhtar B penyanyi Elvi Sukaesih). Penata musik terbaik, Anshori Akbar (“Hujan di Malam Minggu” penyanyi Bintang-bintang KDI). Dangdut Kontemporer: Arts Solo, Siti KDI (“Bertaruh Rindu”).

Lagu Terbaik, “Bertaruh Rindu” (Pencipta Mas Boy Yudhistira.) Penata Musik terbaik, “Bertaruh Rindu” (Anshori Akbar). Album Terbaik, “Dangdut Gaul (Penyanyi De Nada). Bidang R&B: Solo Pria Terbaik, Elo (“Pergi Untuk Kembali”).

Bidang Rock Progresive: Solo/Duo/Grup Terbaik, I manissimo Zs. (“Final Moment”). Keroncong: Hetty Koes Endang (“Kisah Kasih di Sekolah”). Rap atau hip-hop: Saykoji (“So What Gitu Lho”)

Bidang Dance/Techno: Hoppers (“Shaed My Skin”)

Bidang Melayu: Maya KDI (Layar Kertas” album “14 Bintang KDI”) Bidang Kolaborasi: Erwin Gutawa/Rut Sahanaya, “Andaikan Kau Datang” (Album “Salute to Koes Plus”). Bidang Karya Berbahasa Daerah: Artis Solo, Uut Permata Sari ( “Putri Panggung”). Lagu Daerah Terbaik “Diskum” (Favorite Group). Bidang Karya Berbahasa asing: Ten Two Five, (“You”). Bidang Anak-anak: Amanda (“Hanya Air Mata)

**

 

KEMENANGAN artis Jawa Barat seperti Peterpan dan Rossa dalam ajang AMI Award 2005 ini mendapat apresiasi tersendiri dari pengamat musik Kota Bandung BuckyWikagoe. Menurutnya, dalam konteks musik industri mereka sangat pantas tampil sebagai pemenang. Kualitas mereka sangat bagus. “Seperti Rossa, dia kebetulan mendapatkan lagu yang pas buat karakter vokalnya. Juga Peterpan yang makin matang. Demikian juga dengan konsep musiknya yang makin bagus. Ini menggembirakan buat warga Jabar. Dari tahun ke tahun selalu ada catatan prestasi,” ujarnya.

Sementara, pengamat musik Bens Leo memandang ajang apresiasi musik seperti AMI Awards ini kelak dapat memberi penghargaan terhadap musik dan pemusik yang memiliki warna beragam. “Karena dari mereka ini ada eksplorasi berkesenian. Seharusnya AMI Awards sudah mulai melihat hal ini sebagai institusi musik yang layak untuk diberi apresiasi,” ujarnya.

Lebih dari itu, Bens juga berharap, para produser sudah seharusnya memiliki kontribusi terhadap kualitas dan karakter dari musik-musik tertentu. “Seperti Musica, jika mereka sudah punya Peterpan, sudah seharusnya mereka juga punya musik model Kantata, musik-musik yang apresiatif atau apalah misalnya,” harap Bens, ia juga menegaskan keinginannya agar perkembangan musik di Indonesia jangan sampai digiring dan diatur oleh cukong.

Kritik serupa dikemukakan musisi senior Ian Antono. “Selera produser belum tentu sama dengan selera publik musik. Tak heran jika musik industri itu tampil satu warna, kurang luas,” papar Ian.

Fenomena menarik, lanjut Ian, justru maraknya karya musik yang diproduksi secara independen (indie label). “Sekarang ini banyak indie label yang seyogianya perlu mendapat perhatian dari sebuah ajang apresiasi model AMI ini. Karya-karya mereka seharusnya dapat terakomodasi,” ujar Ian Antono.(Ahda/Edi Karsito/Ratna DJ/”PR”)***Sabtu, 19 Nopember 2005

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: