Gita Gutawa, Menang Nyanyi di Mesir

Kamis, 07-02-2008 | 04:00:00-tribunkaltim.co.id

Image

TRIBUN / KPL

PENYANYI remaja Indonesia Gita Gutawa (14), yang mengharumkan nama Indonesia melalui ajang bergengsi “6th International Nile Song Festival (INCSF)” di Kairo, Mesir, disambut hangat di KBRI Kairo. Duta Besar Indonesia untuk Mesir, AM Fachir, Selasa (5/2) malam, menggelar acara khusus di Wisma Duta, berupa “Malam Apresiasi Prestasi Gita Gutawa”, kata KBRI Kairo dalam siaran pers, Rabu.

Sekitar 150 warga Indonesia dari kalangan mahasiswa, pelajar Sekolah Indonesia Kairo, dan staf KBRI menghadiri malam apresiasi Gita. Gita bersama istri Dubes, Yasmin Fachir, melakukan pemotongan tumpeng dan disampaikan kepada Dubes Fachir.

Dalam sambutannya, Dubes Fachir menyatakan pihaknya memberikan penghargaan tinggi atas prestasi Gita meraih Grand Prize (Juara Utama) INCSF yang membuat Indonesia semakin dikenal di Mesir.

Sementara itu, Gita Gutawa menyampaikan terima kasih kepada KBRI dan seluruh masyarakat Indonesia atas bantuan dan sambutan yang penuh kehangatan. “Dukungan tersebut memberikan motivasi tersendiri sehingga penampilan saya pada kegiatan festival dapat lebih maksimal,” ujar Gita.

Festival yang berlangsung pada 29 Januari-3 Februari 2008 itu diikuti 300 perserta dari 85 negara. Festival Internasional tersebut adalah acara tahunan yang diselenggarakan di bawah asuhan Ibu Negara Suzanne Mubarak, dan merupakan bagian kegiatan Kementerian Kebudayaan Mesir.

Sony-BMG dalam siaran persnya menyatakan, Gita, yang mempunyai olah vokal khas, menyabet penghargaan tertinggi untuk semua kategori. Dalam festival tersebut, putri pasangan Erwin Gutawa dan Lulu Gutawa itu membawakan dua lagu dari album debutnya, yaitu Alunan Sebuah Lagu karya kedua orang tuanya dan To Be One karya Budi Bachtiar dan Ria Leimena.

Menurut keterangan panitia, festival tersebut diikuti oleh sekitar 300 peserta dari 85 negara dalam tiga kategori berdasarkan usia perseta, yaitu penyanyi anak I (5-9 tahun), penyanyi anak II (10-13 tahun) dan penyanyi remaja (14-18 tahun).

Setelah melalui proses seleksi, terdapat 35 penyanyi dari 19 negara untuk tampil dalam festival INCSF di Kairo, di antaranya dari Mesir, Kanada, Australia, Portugal, Filipina, China, Polandia, Chili, Indonesia, Beligia, Kazakhstan, dan Rusia. Gita termasuk dalam kategori penyanyi remaja 14-19 tahun.

Pada penampilan pertama, yang diadakan pada Jumat (31/1) di Gedung Konferensi Internasional Kairo, Gita menyanyikan lagu To Be The One ciptaan Budi Bachtiar dan Ria Leimena, yang intinya mendambakan terciptanya perdamaian di seluruh dunia.

Lagu ini dinilai serasi dengan tema INCSF tahun ini, yaitu “Perdamaian dan Persahabatan bagi Dunia (Peace and Friendships for the World). Sementara itu, pada acara puncak penutupan INCSF, Gita Gutawa kembali menyanyikan lagu To Be The One. Tepuk tangan membahana dari sekitar 1.300 hadirin menyambut penampilan Gita.

Dubes Fachir juga mengharapkan keikutserataan Indonesia dalam festival tersebut dapat semakin mempererat hubungan Indonesia-Mesir. Seniman Indonesia, Criss Patikawa, merupakan salah satu dari 10 anggota dewan juri dari berbagai negara dalam festival tersebut. (ant)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: