Ambil Kelas Musik!

Rabu, 04 April 2007 | 18:30 WIB

TEMPO Interaktif, Illinois:Nina Kraus, ahli saraf di Northwestern University, menjadi peneliti pertama yang menemukan hubungan antara bermusik dengan otak dan pendengaran. Katanya: pengalaman dengan musik bisa meningkatkan kerja otak dan mempertajam pendengaran.

Kraus bereksperimen dengan 20 sukrelawan dewasa yang dimintanya menonton dan mendengarkan film pilihannya masing-masing. Seiring dengan aktivitasnya menonton, mereka juga diminta mendengarkan beragam kata Mandarin yang terdengar sebagai ‘mi’ lamat-lamat.

Bahasa Mandarin dipilih Kraus karena sangat bergantung pada tone atau penekanan suara. Sebagai contoh satu kata ‘mi’ bisa berarti mengerdip atau membingungkan atau nasi, bergantung cara melafalkannya.

Dari eksperimennya, Kraus mendapati sukarelawan yang pernah bermain atau berlatih musik setidaknya selama enam tahun—sebelum usia 12 tahun—mampu membedakan paling baik kata-kata Mandarin itu. “Padahal seluruhnya sama, asing dengan bahasa Mandarin,” kata Patrick Wong, ahli saraf lainnya.

(livescience)

dari : tempointeraktif.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: