Audio Mobil Punya USB

Senin, 15 Oktober 2007 | 18:19 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta:

Bisa jadi era cakram padat (CD) di audio mobil segera berakhir. Betapa tidak, Blaupunkt, manufaktur peralatan elektronik Jerman, pada awal pekan ini mengumumkan dua model terbaru dari jajaran car stereo-nya, yakni Kingston MP47 dan Hamburg MP57. Keduanya memiliki port USB–universal serial bus. Ini memungkinkan pengguna memindahkan atau memainkan langsung koleksi musik digital dari media penyimpanan portabel, seperti flash drive atau hard disk eksternal.

Perusahaan berlogo titik biru (blau = biru, punkt = titik) yang berdiri pada 1923 ini sebelumnya telah mengembangkan model sistem audio mobil bermedia penyimpanan kartu memori flash Secure Digital/MMC, yakni model Blaupunkt Melbourne SD27. Tapi, bagi penggila musik, kapasitas memori berapa pun tidaklah cukup. Tapi Blaupunkt tak benar-benar membunuh CD. Buktinya, pada Kingston dan Hamburg masih tersedia CD transport yang dapat memainkan file MP3 dan WMA yang berbasis CD-R/RW.

Dengan port USB, Kingston dan Hamburg memberikan kesempatan bagi pengguna mendengarkan musik hampir tanpa henti yang tersimpan di media penyimpanannya. Menurut Blaupunkt, Kingston dan Hamburg diperuntukkan bagi penggila musik dan multimedia yang benar-benar membutuhkan konektivitas dan keluwesan untuk memodifikasi sistem audio mobil mereka.

Sementara Blaupunkt Hamburg MP57 menggunakan layar backlit dot matrix hitam-putih , Blaupunkt Kingston memakai layar full RGB Variocolor, yang bisa menayangkan 4.096 warna serta dapat disetel agar cocok dengan pencahayaan di dasbor. Layar ini juga mampu menampilkan slideshow foto.

Mengenai tata suaranya, baik Kingston maupun Hamburg mempunyai empat channel amplification. Tiap saluran mampu mengantarkan kekuatan 45 watt. Kinerja akustiknya bisa dimodifikasi secara personal agar sesuai dengan interior mobil serta selera pendengarnya. Ini karena disediakan sebuah parametric equalizer 3 band dan pengendali Blaupunkt X-Bass. Selain itu, disediakan empat channel pre-out, subwoofer output, dan auxiliary input di panel belakang untuk memperluas sistem audio mobil dengan sumber atau amplifikasi tambahan.

Kingston dan Hamburg merupakan sistem audio mobil kelas atas. Harga Kingston MP47 sekitar US$ 210 (Rp 1,9 juta), sedangkan Hamburg MP57 US$ 320 (Rp 2,9 juta). Hamburg memiliki fitur lainnya, yakni konektivitas Bluetooth (termasuk mikrofon) untuk mengoperasikan hands-free telepon seluler secara nirkabel. Fitur ini bisa diterapkan pada Kingston dengan modul tambahan.

BLAUPUNKT | GSPR | ENGADGET | CARAUDIOSECURITY

dari : tempointeraktif.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: