Bagaimana Menulis Press Release Band

 

28 Desember 2007 – 10:53

Ketika kita sudah memulai karir bersama band indie, berarti sudah saatnya kita bisa menulis sebuah band press release. Press release bisa digunakan untuk meningkatkan hubungan dengan media, dengan cara memberikan mereka sebuah tulisan yang memiliki news value.

Ini untuk kedepannya akan sangat bermanfaat untuk publisitas dan eksposur band loe. Berikut adalah beberapa cara yang bisa membuat rilis kita memiliki news value sehingga kita bisa mendapatkan publisitas. News value bisa berupa:

  1. band loe merilis CD baru
  2. band loe akan mengadakan tur besar-besaran
  3. band loe akan menjadi pembuka bagi band super terkenal
  4. band loe tampil di acara amal

Setelah memastikan topik yang akan loe kirim memiliki news value, selanjutnya mulailah menulis press release dengan teknis sebagai berikut. Sertakan kontak seperti nama, alamat, nomor telepon, dan email di bagian paling atas, namun jangan terlalu besar.

Sebagai header, bubuhkan tulisan “For Immediate Release”, ini akan memberikan simbol bahwa tulisan yang loe kirim ini aktual dan hangat. Kemudian di bawahnya langsung tuliskan judul press release loe. Jangan dulu berpikir press release loe harus terdengar catchy seperti iklan. Gunakanlah teknik penulisan seperti di artikel koran. Paparkan fakta terpenting dahulu, kemudian kalimat selanjutnya menjelaskan secara lebih khusus.

Jelaskan sedetail mungkin, dan akhiri kontak yang bisa dihubungi untuk keterangan lebih lanjut. Di bagian paling bawah, sertakan tulisan singkat mengenai band loe. Ini adalah sebuah template yang akan terus digunakan setiap loe membuat press release. Kemudian akhiri press release denag tiga buah tanda pagar (###) di tengah halaman. Itu adalah simbol end of text bagi para jurnalis. [rad]

Sumber foto: businesspartnerships.ca

dari : lalightsindiefest.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: