Dari Mana Datangnya Grunge

 

 

21 Desember 2007 – 10:48

Grunge pada awalnya lahir dari sebuah punk scene lokal di Seattle pada akhir era 80an. Di masa-masa populernya Glam Rock dan Hair Metal, sekelompok band-band punk di Seattle mulai bereksperimen dengan estetika-estetika musik yang tidak flamboyan.

Band-band ini terinspirasi dari sebuah band lokal yang bernama The Melvins, yang memainkan heavy metal dengan riff yang lebih lambat dan berat. Scene lokal disana mulai melesatkan sound sejenis ini seiring dengan lahirnya Grunge record label pertama, yaitu Sub Pop Records.

Setelah itu Sub Pop mulai mengangkat band-band yang memiliki jiwa anti-glam aesthetic – sering dilambangkan dengan cara berpakaian mereka seperti baju kasual, jeans robek, dan jaket flanel.

Band-band Grunge yang awal berdiri antara lain adalah Green River (yang lead singernya dianggap sebagai orang pertama yang menggunakan istilah Grunge), Mudhoney, dan Mother Love Bones. Tak lama kemudian muncul band-band yang membuat gebrakan dari scene Grunge seperti Nirvana, Soundgarden, Alice in Chains, dan Pearl Jam.

Namun setelah kematian Kurt Cobain disusul pecahnya band-band grunge pada masa itu, muncul lah band-band post-grunge. Namun band post grunge tersebut tidak bisa membawa sound sekental grunge di masa Nirvana. Kebanyakan lebih mirip band traditional pop yang ”meminjam” beratnya riff gitar grunge. Sampai saat ini masih banyak band seperti ini yang tumbuh dan memproduksi albumnya. [rad]

Sumber foto: home.att.net

dari : lalightsindiefest.com

Satu Tanggapan to “Dari Mana Datangnya Grunge”

  1. susah jg to…………..
    yg lbh sderhana lagi gmna……..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: