NWOBHM: Genre atau Bukan

 

 

31 Desember 2007 – 16:56

 

New Wave of British Heavy Metal, atau lebih dikenal dengan singkatan NWOBHM berawal di akhir era 70an dan awal 80an setelah serbuan besar band-band metal seperti Led Zeppelin dan Black Sabbath. Band-band ini membawakan bentuk musik heavy metal yang lebih murni, tidak seperti band-band metal sebelumnya yang banyak terpengaruh rock dan blues.

Era ini menandai kebangkitan heavy metal di seluruh dunia. Pergerakan ini juga menjadi nenek moyang sekaligus inspirator genre-genre baru seperti trash metal dan speed metal.

Dari segi musikalitas, NWOBHM tidak benar-benar memiliki trademark style atau sound khusus tersendiri. Ada band-band NWOBHM yang lebih progressive dan epic, beberapa lainnya lebih straight ahead metal. Satu-satunya yang memiripkan band-band NWOBHM adalah sense of melody mereka yang mirip.

Salah satu pelopor NWOBHM adalah Iron Maiden, band metal yang terkenal sepanjang masa. Walaupun mereka tidak bisa dibilang sukses secara komersil mereka adalah salah satu band bapak dari band-band metal di dunia. Setelah merilis beberapa album, Bruce Dickinson direkrut, dan kemudian album ”Number of The Beast” yang legendaris itu pun lahir.

Def Leppard juga sama, Band yang dibentuk tahun 70an ini adalah salah satu yang terbesar di era 80an. Radio hits mereka sangat banyak dan album mereka Pyromania dan Hysteria masuk dalam album yang memliki penjualan terbaik sepanjang masa. Mereka lah yang membawa metal ke mainstream. Walaupun mereka beberapa kali mengalami tragedi seperti kecelakaan yang menyebabkan meninggalnya gitaris Steve Clark serta hilangnya satu lengan drummer, Rick Allen, sampai kini mereka masih sering tampil. [rad]

Sumber: 12stringbass.com

dari : lalightsindiefest.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: