Si Hitam untuk Video Definisi Tinggi

 

Kamis, 15 November 2007 | 10:50 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta:

Kapten Jack Sparrow bergelayutan lincah di temali layar kapal Black Pearl. Para kaum tak bisa mati yang memusuhinya tampak beringas, bernafsu menghabisi nyawa si kapten bajak laut nan tengil itu.

Secuil adegan film The Pirates of the Caribbean tersebut tampak begitu jernih di layar televisi 52 inci. Adegan berkelahi dan dentuman meriam menggelegar bak terjadi di sekitar kita saja.

Itulah demo pemutar cakram Blu-ray terbaru keluaran Samsung di Jakarta, awal pekan lalu. Pemutar BD-P1400 itu diluncurkan bersamaan dengan televisi high definition (HD) F8, yang memiliki rasio kontras 25.000 berbanding satu.

Pemutar cakram Blu-ray BD-P1400 sesungguhnya diluncurkan pertama kali untuk pasar Indonesia pada April lalu. Setahun sebelumnya, pemutar yang sama diluncurkan di Amerika Serikat.

Hee Hong Park, Managing Director PT Samsung Electronics Indonesia, mengatakan produk yang diluncurkan pekan lalu tersebut adalah hasil perbaikan desain dan teknologi BD-P1400 sebelumnya. “Bentuknya juga lebih slim,” katanya.

Salah satu keunggulan si hitam adalah kemampuannya mengeluarkan output 24 frame per detik (fps), yang merupakan jumlah frame film layar lebar yang sesungguhnya. Pemutar akan menampilkan film dalam format aslinya.

Itulah sebabnya, menyaksikan kelincahan Jack Sparrow dengan pemutar cakram VCD atau DVD biasa jauh berbeda dengan tampilan BD-P1400. Tampilan pada layar akan tampak seperti aslinya, terutama bila layar televisi pemutarnya pun sudah HD seperti F8.

“Kalau player lain, frame itu diproses ulang sehingga yang keluar bukanlah 24 fps. Tapi kalau BD-1400 semuanya dikeluarkan, tidak ada yang hilang,” kata Didi Raharja, marketing produk PT Samsung Electronics Indonesia.

BD-P1400, yang juga bisa memutar cakram kompak dan DVD, juga menghasilkan gambar beresolusi 1.080 piksel, resolusi tertinggi pada genre HD. “Resolusi ini menampilkan garis yang lebih rapat dan gambar yang lebih nyata,” kata Didi.

Itulah sebabnya, pemutar Blu-ray tersebut diklaim sebagai kombinasi yang tepat bagi televisi sejenis F8 dengan resolusi dan rasio kontras yang berada di atas rata-rata HDTV keluaran pabrikan lain.

Keunggulan lain pemutar Blu-ray ini adalah output port High Definition Multimedia Interface 1.3 yang mendukung koneksi ber-bandwidth lebar. Di tubuhnya juga terdapat port untuk Internet.

Adanya “gerbang” menuju Internet itu membuat pengguna bisa langsung mengunduh peningkatan peranti lunak dari situs Samsung. Pengguna juga bisa mengunduh game atau musik langsung dari Internet.

Masalahnya, pemutar cakram Blu-ray canggih ini hadir di negeri di mana masyarakatnya belum banyak mengaplikasikan teknologi Blu-ray. Tempat-tempat penyewaan film juga masih banyak menjajakan cakram VCD dan DVD.

Mungkinkah BD-P1400 yang harganya Rp 7,5 juta per unit itu diterima luas di sini, di tengah arus persaingan pemutar VCD dan DVD yang kian murah saja?

Tapi Park optimistis. Dia yakin, tak lama lagi pemutar Blu-ray akan populer di pasar Indonesia. Apalagi, produsen film Hollywood mulai banyak menggunakan cakram Blu-ray sebagai media penyebarluasan film hasil karyanya, di samping format DVD. “Jadi, kami mencoba membawanya ke Indonesia untuk membuat pasar bertumbuh dan meluas,” kata Park.

Adapun Stefanus Indrayana, Direktur Marketing PT Samsung Electronics Indonesia, mengatakan pihaknya akan membuat program untuk memasyarakatkan produk HD dan teknologi Blu-ray. “Kita tidak akan malu-malu memberi pengalaman kepada konsumen di retail-retail,” katanya.

DEDDY SINAGA

Pro:
-Tampilan jernih dan jelas, lantaran teknologi high definition diadopsi penuh.
– Jalur koneksi internet.
Kontra:
– Penerimaan pasar tanda tanya, karena harganya yang mahal dan teknologi Blu-ray belum diaplikasikan secara luas di sini.

Spesifikasi:
Dimensi: 430 x 79 x 325 milimeter
Video:
Resolusi HD 1080p
1.080p 24 frame per detik
Audio:
Output stereo 5.1 kanal
Output coaxial dan optical
Dolby Digital Plus, Dolby TrueHD, dts HDMA Bitstream
Media: Blu-ray, DVD-R, DVD-RW, CD, CD-R
HDMI 1.3
Port Internet

BOOKMARK
Blu-ray:
Cakram penyimpan informasi digital model baru dengan format cakram optik densitas tinggi. Cakram ini sanggup menyimpan rekaman video high definition.

dari : tempointeraktif.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: