Penyimpan Portabel Modis

Selasa, 18 Desember 2007 | 09:54 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta:

Hanya selang sehari setelah peluncuran hard disk satu terabita dari Hitachi, Memorex meluncurkan produk penyimpan data portabel bernama Ultra TravelDrive di pameran elektronik Consumer Electronic Show, yang digelar di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat, Januari lalu. Bulan ini produk buatan perusahaan asal Cerrito, California, itu sudah bisa didapatkan di Indonesia.

Ultra TravelDrive adalah alat penyimpan yang menggunakan teknologi hard disk drive 2,5 inci, sehingga bentuknya kompak dan mudah dibawa ke mana-mana. Meski kecil dan gampang ditenteng, alat penyimpan ini berkapasitas 120 gigabita dan 160 GB.

Lumbung data sebesar itu sudah cukup untuk menampung sekitar 53 ribu file foto JPEG, file musik yang dapat dimainkan hingga 116 hari nonstop, atau 13 jam rekaman kamera DV yang tidak dikompres. Semuanya tersimpan di kotak mini yang lebih besar sedikit daripada kotak penyimpan kacamata itu. Bobotnya pun hanya seperempat kilogram.

Tampilannya sangat stylish dan ergonomis. Sekilas bentuknya mirip buku agenda. Sudutnya terbuat dari bahan karet warna hitam yang bergerigi, sehingga tak akan licin dan mencelat saat pengguna mencengkeram dan mendekapnya. Ia hadir dengan warna sampul kecokelatan (metallic charcoal).

Namun, cover-nya dapat diganti-ganti dengan warna lain (di luar negeri cover ini termasuk dalam paket pembelian), yaitu warna biru (ocean blue) dan hitam (onyx black) untuk penyimpan berkapasitas 120 GB serta hijau (sagebrush green) dan putih (arctic white glossy) untuk yang berkapasitas 160 GB.

Antarmukanya menggunakan port USB, sehingga alat ini dapat digunakan untuk menyimpan data dari berbagai jenis komputer meja ataupun laptop, baik yang berplatform Mac maupun komputer personal. Pasokan listrik juga bisa diserap melalui kabel USB tersebut, sehingga ia tak butuh suplai daya lagi.

Namun, Ultra TravelDrive tetap dilengkapi dengan kabel listrik sehingga, ketika penyimpan ini dihubungkan dengan komputer model lama, ia tetap dapat bekerja. Ultra TravelDrive juga dilengkapi dengan tombol khusus untuk melakukan penyalinan data.

Tombol Quick Backup ini akan memudahkan pengguna saat hendak mulai menyimpan data. Sekali pencet, ia langsung melakukan penginstalan program peranti lunak penyimpanan (ArcSoft TotalMedia Backup) ke dalam komputer yang datanya hendak disalin.

Setelah itu, software ini menyodorkan beberapa variasi cara penyimpanan data. Anda dapat melakukannya secara manual dengan memilih satu per satu file atau folder yang hendak disalin atau mengerjakannya secara otomatis dengan menentukan jenis file yang spesifik untuk disimpan, semisal file musik atau video.

Anda bisa juga memilih menyalin file yang baru dimodifikasi setelah penyimpanan terakhir dilakukan. Setelah itu, Ultra TravelDrive akan memindai seluruh hard disk drive komputer untuk mencocokkan file yang tersimpan dan menyalinnya ke dalam lumbung penyimpanannya.

Saat ia sedang melakukan transfer data dari komputer, lampu light emitting diode (LED) yang terletak dekat colokan listrik akan berpendar-pendar. LED kuning akan berkelap-kelip saat Ultra TravelDrive memindahkan data dengan kecepatan USB 1.1. Sementara itu, bila LED hijau yang berkedip-kedip, itu artinya alat ini sedang memindahkan data dari komputer dengan kecepatan USB 2.0.

Ultra TravelDrive sudah tersedia di Indonesia dengan harga Rp 1.080.000 untuk yang berkapasitas 160 GB dan Rp 930 ribu untuk yang berkapasitas 120 GB. PT Datascrip (distributor di Indonesia) akan menyertakan paket pembelian Ultra TravelDrive, yakni kabel USB, aplikasi software backup dan sinkronisasi, serta garansi tiga tahun.

INDRA DARMAWAN | TRUSTEDREVIEW | ITREVIEWS | MOBILEWHACK

dari : tempointeraktif.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: