Iwan Fals Main Film Lagi

Jakarta – Iwan Fals kembali berakting di film layar lebar. Ternyata memang penyanyi bernama lahir Virgiawan Listianto itu telah terlibat dua kali selaku “aktor”, yaitu di film “Damai Kami Sepanjang Hari” (1985) dan “Kantata Takwa” yang gagal edar di bioskop. Kali ini, di film “Kekasih” produksi Grandiz Media Production, ia bermain sesuai profesinya selaku penyanyi dan pemusik yang muncul di adegan-adegan penghujung.


Mungkin terbilang sedikit, tetapi memiliki makna besar di puncak klimaks se-bagai Jiwo si tokoh utama. Di saatnya nanti, Iwan sekaligus menyanyikan lagu tema, “Aku Milikmu” karya cipta Pongki “Jikustik”, yang berkisah tentang percintaan dua anak manusia.
Diakuinya, untuk kembali menjejakkan kaki di film layar lebar, beberapa pertimbangan sempat mampir di benaknya sebelum ia mengiyakan tawaran tersebut.


“Saya semula hanya bersedia menyanyikan lagunya. Tetapi begitu melihat cuplikan adegannya, saya lantas tertarik untuk ikut berperan. Karena menurut saya ceritanya bagus,” kata Iwan Fals.
“Cerita dan gambar yang dihadirkan sutradara Wisnu Adi menjadi daya tarik tersendiri. Film ini sangat berbeda dengan film-film Indonesia yang pernah saya tahu. Ceritanya memang drama percintaan, tetapi ditampilkan dengan cara yang menggugah hati saya,” jelasnya, panjang lebar.
“Kekasih” menjadi film layar lebar ketiga bagi Iwan Fals. Selain Iwan Fals, Pongki “Jikustik” juga ikutan main bersama Vonny Kristianda (Maria) dan Angga Putra (Jiwo muda). Berlatar lokasi di seputar Yogyakarta, “Kekasih” bertemakan drama pencarian cinta yang abadi. “Kekasih” sengaja mengedepankan kawasan eksotis Yogyakarta sebagai nyawanya film. Rencananya, film ini akan diputar serempak di Indonesia pada 3 April mendatang.


Menurut Iwan, lagu “Aku Milikmu” tidak akan dirilis dalam bentuk album rekaman tersendiri. “Yang saya ketahui, lagu itu memang hanya untuk soundtrack film ‘Kekasih’. Belum tahu apakah akan dijadikan album atau tidak. Saya baru berharap lagu tersebut bisa membuat ‘Kekasih’ menjadi film drama yang lebih kuat,” ungkapnya.

Tanpa Kritik Sosial
Dijelaskan pula tentang tidak adanya kritik sosial dalam lagu “Aku Milikmu”. Ia mengatakan, saat ini tema-tema cinta perlu lebih banyak dikumandangkan. “Untuk saat ini, saya lebih memilih menyanyikan lagu yang memberikan keteduhan dan ketenangan,” ditambahkan Iwan.
Akan tetapi, karena sudah lama tidak tampil dalam produksi film, pada awal tahapan syuting dia mengaku canggung. Namun, setelah dilakukan pengambilan gambar berulang kali, barulah ia merasa terbiasa lagi.
Rasa grogi ternyata juga dirasakan oleh Pongki ketika awal pengambilan gambar adegan di sebuah kafe. Tetapi seusai syuting, Pongki merasa bangga karena bisa bermain film dengan Iwan Fals. “Saya bangga banget bisa main satu frame dengan Mas Iwan. Selama ini saya tidak pernah berakting bareng Mas Iwan, kendati salah satu lagu saya juga pernah dinyanyikannya,” kenang Pongki.
Lebih jauh Pongki menuturkan, semula lagu “Aku Milikmu” akan dinyanyikannya sendiri. Namun, dalam proses kelanjutannya, lagu tersebut sepakat untuk dinyanyikan oleh Iwan Fals. “Ketika tahu yang akan menyanyikan lagu itu Mas Iwan, nada dasarnya saya ubah sesuai dengan karakter vokalnya,” papar vokalis grup band asal Yogyakarta, Jikustik itu. (john js)

dari : sinarharapan.co.id

Satu Tanggapan to “Iwan Fals Main Film Lagi”

  1. fans film Says:

    film yang bagus,simple,tapi cerdas…..tapi buat yang nggak suka nonton film drama kayaknya nggak cocok dengan film ini..karena filmnya banyak maen bahasa gambar dan kalimat2 tersirat yang dalem artinya…jadi buat yang otaknya lemot mungkin nggak mudeng dengan apa yang ingin disampaikan (walaupun sebenarnya linier banget…) masalah selera juga…kan generasi sekarang generasi mtv yang semuanya gerak cepat..jadi agak susahlah buat nikmati film2 yang bertempo agak lambat..membosankan buat mereka kali..tapi buat g pribadi film ini bagus buat mereka2 yang ingin nambahin referensi film bermutu di kepalanya…he..he..

Tinggalkan Balasan

