Mengenang Kembali Seniman RJ Katamsi


Yogyakarta – RJ Katamsi. Tokoh yang satu ini selain dikenal sebagai seniman juga seorang akademisi. Di samping membuat logo UGM yang hingga sekarang masih dipakai, Katamsi juga mempunyai andil dalam mendirikan Fakultas Sastra (kini Fakultas Ilmu Budaya) UGM, SMA 3 dan juga sebagai direktur ASRI (kini ISI) Yogya yang pertama.


Untuk mengenang setelah 30 tahun lalu meninggal, Pusat Kebudayaan Koesnadi Hardjasumantri UGM menyelenggarakan acara “Mengenang RJ Katamsi” yang berlangsung Sabtu (29/3) malam.
“Acara ini juga dipicu keprihatinan kami terhadap keluarganya yang ditinggalkan. Ibu Roesilah Katamsi Rr, istri RJ Katamsi yang beberapa waktu lalu menderita sakit dan dirawat inap lebih dari tiga minggu di Rumah Sakit Dr Sardjito Yogyakarta,” kata Djoko Dwiyanto, panitia penyelenggara kepada wartawan, Jumat (28/3).


Sebagai penghormatan atas jasa-jasanya itu, menurut Djoko, para seniman generasi pertama Akademi Seni Rupa Indonesia (ASRI) Yogyakarta merasa terpanggil untuk ikut berpartispasi dalam upaya penyembuhan Ibu Katamsi dengan menyelenggarakan pameran serta lelang lukisan.
Dituturkan Djoko, karya seni yang dihasilkan Katamsi memang tidak terlalu banyak, dan pada umumnya berupa drawing, sketsa, dan gambar satu warna dengan pensil gambar atau pastel di atas media kertas.


“Namun demikian, salah satu karya monumentalnya adalah lukisan logo Universitas Gadjah Mada yang digunakan secara resmi hingga sekarang,” tambah Djoko. (yuk)

dari : sinarharapan.co.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: