Performa Babyface Disambut 5.000 Penonton

“Java Jazz Festival 2008” Berakhir

Oleh : John JS


Jakarta – Penyelenggaraan “Dji Sam Soe Super Premium Jakarta International Java Jazz Festival 2008” di Jakarta Convention Center (JCC) berakhir sampai dini hari, Senin (10/3).

Penampil penghujung ini antara lain Kenny Edmonds, disusul dengan band fusion asal Norwegia, D’Sound, Ray Parker Jr, Iwan Wiradz & Tri Budiman dan Elfa Secioria, 5 Wanita (Rieka Roslan, Andien, Nina Tamam, Iga Mawarni dan Yuni Shara), serta The Manhattan Transfer.


Sebelum itu, Raul Midon, hadir pula vokalis tunanetra yang berpenampilan sendiri, namun meriah cukup hanya dengan gitar dan instrumen bebunyian mulut. Berciri vokal soul dan jazz klasik mirip Stevie Wonder dan Al Jarreau, ia berhasil menembus pagar musik pop dengan salah satu lagu unggulan, “All Because of You” yang juga dinyanyikannya saat hadir di area Cenderawasih 2-3 pada malam penutup “Java Jazz Festival 2008”.


Kesegaran baru dari performa vokal, menjadi kekuatan utama penyanyi/gitaris dan penulis lagu asal New Mexico, Amerika Serikat itu.
Sejauh ini, meski tak terlihat seramai tahun lalu, jumlah pengunjung sepanjang tiga hari penyelenggaraan Java Jazz Festival (7-9 Maret 2008) mencapai sekitar 60.000-an. Kondisi seperti itu dimungkinkan karena artis jazz internasional yang hadir kali ini, kurang memenuhi selera kaum muda yang berharap-harap suasana penyelenggaraan tahun lalu bisa berulang dengan kehadiran performer jazz setara Jamie Cullum, ataupun kurangnya upaya penyelenggara mendatangkan Diana Krall, Dianne Reeves, Michael Buble, hingga Cassandra Wilson dan Kevin Mahogany. Apalagi situasi liburan panjang kali ini, yang mendorong mereka memilih bersenang-senang di luar kota.

Improvisasi Sederhana
Walau bagaimana, festival Java Jazz tahun ini mencatat daya tarik hadirnya pemusik, penyanyi dan pencipta lagu berbagai genre yang melegenda, Babyface. Nilai kehormatan baginya, tergambarkan nyata melalui lima ribuan penonton yang memadati area Plenary.


Tokoh urban-pop yang menciptakan hits dan memproduseri antara lain untuk Eric Clapton, Toni Braxton, Boyz II Men, Whitney Houston, TLC, Mary J Blige, Madonna, Michael Jackson, Brandy, Mariah Carey, Celine Dion, Backstreet Boys itu – membuka penampilannya dengan lagu karya Bob Dylan, “Knockin’ on Heaven’s Door”. Hal terbiasa yang dilakukannya berkali-kali, lantaran penyanyi balada yang juga menginspirasi karier Iwan Fals itu juga adalah idola Babyface sejak mula pertama ia tertarik dengan instrumen gitar akustik.


Idola awal lelaki bernama lahir Kenny Edmonds, diakuinya pula, termasuk pemusik country legendaris, James Taylor, dan Eric Clapton.
Jalur inspirasi bermusiknya, seperti apa yang tertanam pada teknik vokal Babyface, cenderung memang berimprovisasi sederhana dan kedengaran “putih” ketimbang tradisi penyajian vokalis R&B umumnya yang bernuansa lebih bluesy dan soul. Hal itu yang membedakan identitas Babyface dengan penyanyi-penyanyi “Amerika Hitam” lainnya. Ciri vokalnya terdengar empuk, dan menimbulkan kegairahan relaksasi yang sangat memikat.
Sensasi menghibur semacam itu berlaku pula pada penampilannya yang pertama kali di Indonesia, Minggu malam lalu. Utamanya saat ia me-nyanyikan “Changes the World”, “When Will I See You Again”, “I’ll Make Love to You”, “End of the Road”, “Not Going Nowhe-re” dan “Breathe Again”. Di samping keriangan nyantai seperti yang selalu ternikmati dari bunyi album-album rekaman dia, melalui lagu-lagu ciptaannya, yaitu “”Can We Talk”, “Rock With You” dan “Superwoman”.
Semacam kebanyakan artis pop internasional yang baru pertama kali datang berkonser di Indonesia, Babyface juga semula tak yakin mampu disanjung publik. Namun, setelah merasakan respons pe-nonton yang demikian se-ru, ia berjanji suatu saat akan kembali lagi berperforma di Indonesia. Saat konferensi pers setelah manggung, Babyface menyanjung publik Indo-nesia yang terbilang apresiatif dan bermusikalitas bagus.

dari : sinarharapan.co.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: