“A Mild Live Wanted” Indonesia Timur, Magneto Juara, tapi Masih Harus Dibenahi

Oleh
John JS

Makassar – Meski mengeluhkan tata cara kolaborasi yang tanpa menggunakan latihan bersama lebih dulu, ternyata gitaris Gigi, Dewa Budjana, mau juga muncul “menemani” salah satu finalis utama “A Mild Live Wanted” regional Indonesia Timur. Budjana tampil bersama Mr X (asal Papua) saat menyanyikan lagu undian, “Terbang”, di Pantai Akarena, Makassar, Minggu (24/2) malam.
Saya mengucapkan terima kasih, karena sudah dapat kepercayaan dari Budjana. Kalaupun kami kalah (jadi runner-up), tetapi sudah bisa jadi contoh bagi band-band lain di Jayapura,” komentar Okky, pemain bas Mr X, mewakili personel yang lain.

“Kami mungkin berencana mengulang ikut di A Mild Live Wanted (AMLW) tahun depan. Tetapi, siapa tahu juga ada label rekaman yang naksir kami lebih dulu,” ungkap Okky, tertawa.
Mr X yang dikalahkan band tuan rumah Makassar, Magneto, baru saja delapan bulan terbentuk dan terdiri dari para individu pemusik yang sudah lama ngeband.
“Setelah dapat vokalis, kami melakukan latihan-latihan bareng. Tetapi sulit juga untuk latihan rutin, karena kami sibuk dengan pekerjaan masing-masing di Pemda, Departemen Perhubungan dan Pertamina. Saya bekerja di Pertamina,” kata vokalis Lamet.

Terus terang, dikatakan Okky, mereka tanpa pola latihan yang jelas. Dulu kami main rock, namun kini bangkit dengan lagu-lagu mellow sesuai pasar yang bisa diikuti selera banyak orang. Tetapi, mereka tetap berusaha beda dengan yang lain. Mereka mengaku banyak dipengaruhi band progresif, Dream Theater, selain Gigi, Edane dan Slank.
Sementara itu, Ketua Dewan Juri, Krisna J Sadrach memenangkan Magneto, karena menilai mereka punya modal besar ke depan. ”Tetapi, Magneto akan dibenahi sesuai keperluan industri pop, saat nanti memasuki studio rekaman seminggu lagi di Jakarta,” diingatkan Krisna.

Janji Banyak Belajar
Menyambut kemenangannya, segenap personel Magneto berjanji akan banyak belajar lagi. Apalagi, kata Okky, kini mereka butuh melakukan perubahan-perubahan terutama pada vokalisnya. Tahun lalu, Magneto juga telah mengikuti kontes pencarian band-band berbakat di Indonesia ini. Saat itu mereka hanya mencapai Juara II di Tingkat Kota Makassar.
Hal serupa dilakukan band asal Ambon, Par-C, yang berada di urutan tiga AMLW Indonesia Timur. Mereka tahun lalu telah mencicipi terlebih dulu sebagai Juara I AMLW Tingkat Kota (Ambon). ”Cuma tahun lalu kami berbeda vokalis (Arlens) dan kibordis (Opal),” diungkapkan drumer Celo.
Meski harus rela kalah, menurut Celo, mereka tetap menyatukan hati dan visi. Artinya tidak sekadar bermain musik. ”Kami sudah senang satu sama lain. Kalah, tetapi kami akan ikut lagi tahun depan, karena AMLW memberikan kesempatan untuk maju,” sambung Celo.

Seperti diketahui, Par-C pada saat puncak final mendapatkan undian lagu milik The Titans, ”Bukan Aku”. Salah satu lagu andalan The Titans itu, sayangnya sama sekali belum dikenal Par-C, sehingga dalam waktu latihan yang terbatas tentu membuat mereka lumayan kacau.
Kecenderungan seperti itu sempat dikeluhkan Budjana maupun Arman Maulana (Gigi), yang menyebutkan ”aturan main” semacam itu bisa dibilang ”mengerjai” dan ”menceburkan” setiap tiga finalis utama AMLW.
”Semua orang mungkin bisa bikin band, tetapi menghadapi audiens tidak semua bisa,” ujar pemain bas Gigi, Thomas Ramdhan, menyinggung kepentingan latihan bareng untuk sesi kolaborasi yang diperintahkan penyelenggara A Mild Live, Deteksi Production, Musica Studio’s dan Trinity Optima Production.
Selain Gigi dan The Titans, pelaksanaan AMLW regional Indonesia Timur ikut diramaikan oleh Nidji, Anima dan Dunia Band.
dari : sinarharapan.co.id

Satu Tanggapan to ““A Mild Live Wanted” Indonesia Timur, Magneto Juara, tapi Masih Harus Dibenahi”

  1. salut buat band dari negri timur
    smoga tetap bisa maju

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: