Nial Djuliarso ke Final Kompetisi Jazz di AS

Rabu, 09 April 2008

Pianis Indonesia yang baru saja tampil pada Java Jazz 2008 di Jakarta, Nial Djuliarso, terpilih sebagai finalis kompetisi kelompok jazz di San Fransisco, AS. Festival bertajuk Generations International Competition for Emerging Combos ini diusung International Center for the Arts (ICA)-San Francisco State University.

Nial dan ketiga rekannya yang tergabung dalam Nial Djuliarso Quartet, yaitu Bruce Harris (terompet), Yasushi Nakamura (bass), dan Carmen Intorre (drum), akan bertanding melawan kelompok jazz beranggotakan enam musisi, Meaningtone, pada 15 Mei 2008.

Kedua band jazz yang sama-sama berasal dari New York itu akan memperebutkan beasiswa selama satu tahun di San Fransisco dan selama periode tersebut mereka akan mendapatkan pelatihan dari para musisi mentor yang telah menggabungkan diri mereka menjadi band yang dinamai The Generations.

Menurut panitia, Nial Djuliarso Quartet dan Meaningtone akan berangkat pada pertengahan Mei ke San Fransisco, dan selama beberapa hari mereka akan mengikuti bengkel jazz oleh para mentor. Pada puncaknya, yaitu 15 Mei malam, kedua kelompok musik jazz asal New York itu tampil dalam acara Battle of the Combos di Yoshi`s, klub jazz yang berada di kawasan jazz terkemuka di San Fransisco.

Penampilan Nial Djuliarso Quartet serta Meaningtone pada malam tersebut akan dinilai oleh para mentor dari The Generations Band dan pemenang kompetisi akan diumumkan pada malam yang sama.

Malam Battle of the Combos juga akan dihibur dengan penampilan The Generations serta band all-star yang terdiri dari para master musik jazz.

Dalam kompetisi ini panitia menetapkan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon peserta. Misalnya kelompok jazz yang mendaftar harus terdiri dari empat hingga tujuh musisi tingkat sarjana dan umur masing-masing personel tidak lebih dari 30 tahun.

Setiap kelompok diminta mengirimkan rekaman tiga lagu wajib dengan tipe blues tempo medium serta standar jazz seperti Straight No Chaser dari Thelonius Monk dan Moment`s Notice dari John Coltrane.

Nial Djuliarso Kuartet, yang memainkan musik jazz berakar pada tradisi para musisi, seperti Clifford Brown dan Horace Silver, menurut panitia menunjukkan wajah internasional yang menjadi salah satu semangat sebuah kompetisi.

Bruce Harris, pemain trompet yang berasal dari Bronx, New York, dan drummer Carmen Intorre dari Buffalo-New York, bergabung dengan Yasushi Nakamura –kelahiran Tokyo, namun dibesarkan di Seattle-Washington– serta Nial Djuliarso, adalah anak Jakarta, Indonesia.

(ant )

dari : republika.co.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: